Tingkatkan Layanan Kesehatan di Kepulauan, Bupati Achmad Fauzi Resmikan Puskesmas Nonggunong

matamaduranews.comSUMENEP-Setelah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT Desa) agenda Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Pulau Sapudi berikutnya meresmikan gedung Puskesmas Nonggunong.

Bupati Achmad Fauzi menegaskan, pembangunan gedung Puskesmas yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumenep diharapkan memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

“Pelayanan kesehatan merupakan pelayanan dasar untuk masyarakat, sehingga Pemerintah Daerah berkomitmen untuk meningkatkan sarana dan prasarananya demi memberikan pelayanan yang masksimal,” ucap Bupati Achmad Fauzi, Senin, 21 Maret 2022.

Karena itu, Politisi PDI Perjuangan tersebut mengimbau agar Kepala Puskesmas dan jajarannya mampu mengelola Puskesmas Nonggunong untuk meningkatkan pelayanannya.

“Keunggulan sarana kesehatan memang penting termasuk gedung baru ini, namun semua itu jelas kurang optimal fungsinya manakala jajaran Puskesmas tidak mendukung dengan pelayanan kesehatan dan manajemen yang baik,” tegas Bupati Achmad Fauzi.

Suami Nia Kurnia itu juga berpesan agar seluruh jajaran Puskesmas dan instansi terkait di Kecamatan Nonggungong bahu membahu melaksanakan pelayanan kesehatan yang berpihak kepada masyarakat untuk mewujudkan pembangunan kesehatan yang berkualitas di Kabupaten Sumenep.

“Saya minta seluruh jajaran Puskesmas agar lebih meningkatkan kinerjanya, dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang baik dan profesional serta keramahan dan empati,” pintanya.

BACA JUGA :  Hamka Hamzah & Raphael Maitimo Jadi Kado Anniversary Madura United

Dari sisi fisik, Bupati Ra Achmad Fauzi juga meminta agar gedung baru UPT Puskesmas Nonggunong  dijaga dan dipelihara bersama-sama supaya bangunannya tidak cepat rusak.

“Puskesmas Nonggunong termasuk Puskesmas lain di Kabupaten Sumenep harus memberikan pelayanan yang mudah, cepat, serta lingkungan dan ruangan pelayanan yang bersih dan nyaman,” pesannya.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumenep Agus Mulyono mengungkapkan, jajaran Puskesmas harus membangun komitmen bersama untuk mewujudkan ‘Bismillah Melayani’ dengan meningkatkan pelayanan kesehatan.

“Untuk meningkatkan layanan kesehatan di Puskesmas Nonggunong, kami menambah satu dokter umum dan satu dokter gigi,” terang Agus Mulyono.

Kepala Dinkes P2KB Sumenep itu juga mengungkapkan, pembangunan Puskesmas Nonggunong menghabiskan dana Rp 4,7 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Puskesmas Nonggunong, Pulau Sapudi ini melayani masyarakat di  8 desa kecamatan setempat yang jumlahnya sebanyak 14 ribu jiwa,” tutup Kadis Agus. (*)

Komentar