Politik

AKD Munculkan Nama Sukirno di Pilkada Sumenep 2024

×

AKD Munculkan Nama Sukirno di Pilkada Sumenep 2024

Sebarkan artikel ini
Pilkada Sumenep 2024
Ketua AKD Sumenep

matamaduranews.com-Ketua AKD Sumenep, Miskun Legiyono memunculkan nama Sukirno sebagai utusan Kades untuk ikut berkontestasi di Pilkada Sumenep 2024.

Kades Yon-panggilan akrab Miskun Legiyono bercerita jika para Kades di Sumenep menghendaki ada perwakilan Kades yang ikut maju di pemilihan Bupati Sumenep.

“Ini saya menyampaikan aspirasi para kades. Untuk Pilkada 2024 harus ada perwakilan kades yang ikut maju. Entah sebagai calon bupati atau calon wabup,” terang Kades Yon memberi keterangan via WhatsApp ke redaksi Mata Madura, Rabu 20 Juli 2022.

Dari aspirasi itu, lanjut Kades Yon-muncul beberapa nama Kades agar diikutsertakan dalam Pilkada Sumenep 2024.

Seperti, Kades Syamsul Arif. Kades Pinggir Papas, Ji Obeth. Dan Sukirno Kepala Desa Banaresep Timur, Kecamatan Lenteng, Sumenep.

Kades Yon tak menyebut pasti kapan deklarasi AKD untuk mengusung calon Bupati/Wabup di Pilkada Sumenep 2024.

Pilkada Sumenep 2024
Bupati Fauzi dan Sukirno

Termasuk apakah utusan Kades itu sebagai wakil dari calon incumben, Bupati Fauzi. Atau maju sebagai Calon Bupati bersaing dengan incumbent.

“Tunggu ya. Pada waktunya nanti wartwan akan dihubungi,” pungkas Kades Pangarangan, Kecamatan Kota Sumenep ini.

Seperti diketahui. Pilkada Sumenep 2024 tak sampai 24 bulan.

Jika diitung mundur. Tahapan Pilkada Serentak 2024 yang dirancang KPU RI mulai 23 Februari 2024. Dibuka pengumuman penyerahan syarat dukungan paslon (pasangan calon).

Baru di pertengahan bulan Mei 2024, penyerahan syarat dukungan paslon untuk pemilihan Gubernur dan pemilihan Bupati dan Walikota.

Akhir Agustus hingga September 2024. Pengumuman, pendaftaran, dan verifikasi calon. Termasuk Penetapan Paslon.

Sedangkan pemungutan dan penghitungan suara pada 27 November 2024.

Untuk Pilkada Sumenep 2024. Ada yang bertanya. Siapa lawan calon incumbent Achmad Fauzi.

Pertanyaan itu mulai bergulir. Para aktivis mulai mencari-cari siapa kira-kira yang berhasrat maju di Pilkada Sumenep 2024.

Kali ini, Ketua AKD (Asosiasi Kepala Desa) secara terang-terangan memunculkan nama perwakilan Kades di Sumenep yang akan ikut berlaga di Pilkada Sumenep 2024.

Hanya saja, Kades Yon tak memastikan di posisi Calon Bupati atau Calon Wabup. Atau menjadi Wakil-nya incumbent, Bupati Fauzi.(*)

KPU Bangkalan