Menu

Dinkes Sumenep Imbau Masyarakat Waspada DBD, Ini yang Harus Diperhatikan

Dinkes Sumenep Imbau Masyarakat Waspada DBD, Ini yang Harus Diperhatikan
Ilustrasi Waspada DBD. (Ilustrasi by Rafiqi/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Memasuki musim penghujan tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengimbau masyarakat agar waspada terhadap serangan berbagai penyakit.

Karena di musim hujan, segala penyakit yang meresahkan masyarakat, utamanya Demam Berdarah Dengue (DBD) seringkali membuat penderitanya sakit parah, bahkan sampai meninggal dunia.

Guna mengantisipasi hal tesrsebut, Kepala Dinkes Sumenep, Agus Mulyono mengaku pihaknya selalu mensosialisasikan kepada masyarakat agar waspada DBD melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Kita juga sudah menindaklanjuti melalui Surat Edaran (SE) Bupati, untuk melakukan langkah-langkah antisipasi kewaspadaan DBD pada Camat dan pemerintah desa,” kata Agus, Rabu (11/12/2019) kemarin.

Langkah ini dilakukan agar masyarakat segera mengantisipasi terjadinya DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan. Terutama menerapkan 3M Plus (Menguras, Mengubur dan Menutup) guna memutus penyakit yang disebarkan nyamuk Aides Aegypti.

“Nyamuk ini bertelur di musim kemarau dan menetas di musim penghujan di air yang bersih. Karenanya, jangan sampai warga membiarkan ada genangan air di sekitar rumah,” imbau Agus.

Kepala Dinkes Sumenep itu juga mengingatkan masyarakat agar menyiapkan logistik fogging dan pengobatan sebelum DBD mulai menyerang. Jika ada yang terkena DBD, pihaknya meminta warga cepat tanggap mengambil tindakan.

“Segera datang ke pelayanan kesehatan jika batuk pilek, diare, DBD, atau terkena penyakit lain,” tegas Agus.

Rafiqi, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

Lowongan
Lowongan

Ra Fuad Amin

Hukum dan Kriminal

Disway

Tasawuf

Inspirator

Catatan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: