Politik

Kenapa Anies Capres 2024?

×

Kenapa Anies Capres 2024?

Sebarkan artikel ini
Anies Capres
Saat Nasdem Deklarasi Anies Capres 2024

Surya Paloh bersifat sangat egaliter terhadap Anies. Setelah Anies selesai memberi sambutan keduanya bersalaman, Anies memakai dua tangan dan berpelukan lalu saling cipika cipiki.

Tidak ada ungkapan yang merendahkan menyebut sebagai petugas partai. Ketika ditanya wartawan apakah Anies akan masuk Partai Nasdem, Surya Paloh mengatakan terserah Anies.

Tidak ada rasa keterpaksaan pada diri Surya Paloh. Tidak ada upaya fait accompli karena ditodong oleh hasil survei yang mungkin sebagian abal-abal. Tidak ada gerakan silence coup, kudeta diam, yang membuat sang pemimpin partai partai terpojok dan tidak punya pilihan lain.

Dengan deklarasi ini Surya Paloh bisa meniadi jembatan antara pemerintahan lama dengan pemerintahan baru yang mungkin dipimpin Anies. Selama ini ada stigma bahwa dia berseberangan dengan Jokowi.

Tapi Surya Paloh menjamin bahwa dia akan menjaga Jokowi sampai tuntas. Apa sudah pamit kepada Jokowi, ada tapi tidak perlu diungkap.

Sepuluh hari yang lalu Surya sudah berbicara dengan Jokowi, dan sudah pamit ketika disebut nama Anies maka Jokowi bilang baik dan tidak berkeberatan.

Selama 7 tahun hubungan dengan Jokowi sangat baik dan tidak akan dirusak oleh kepentingan apa pun.

Dalam pidatonya, Anies berkali-kali menyebut Surya Paloh dengan sebutan ‘’Bang Surya’’ yang menunjukkan hubungan yang egaliter.

Dalam jumpa pers Anies duduk di samping Surya Paloh dan saling berbicara dengan akrab. Anies mencatat pertanyaan wartawan dan memberikannya kepada Surya Paloh. Beberapa kali Anies membisikkan catatannya kepada Surya Paloh.

KPU Bangkalan