Politik

Survei Pileg DPRD Sumenep: PDI-P Diprediksi Raih 2 Kursi di Dapil Satu

×

Survei Pileg DPRD Sumenep: PDI-P Diprediksi Raih 2 Kursi di Dapil Satu

Sebarkan artikel ini
PILEG DPRD SUMENEP
Ilustrasi

matamaduranews.com-Meski jumlah kursi Dapil Satu DPRD Sumenep berkurang 2 kursi dari 9 kursi. PDI-P diprediksi raih 2 kursi pada hasil Pileg DPRD Sumenep yang akan digelar 14 Februari mendatang.

Khairil Anwar dari Lembaga Kajian Sumenep Bangkit, menyebut: berdasar hasil survei Pileg DPRD Sumenep dari The Republik Institute, Dapil Satu yang meliputi Kecamatan Kota, Kalianget, Batuan dan Talango. PDI-P Sumenep meraih elektabilitas (tingkat keterpilihan) mencapai 72,6 %. Sementara elektabilitas Parpol lain di Dapil Satu hanya di angka 50% ke bawah.

“Kalau elektabilitas PDI-P di angka yang stagnan yaitu 72 persen. Potensi meraih 2 kursi di genggaman,” sebut Anwar melihat hasil survei The Republik Institute yang digelar 25 Januari lalu.

Anwar melihat elektabilitas PDI-P cukup dominan di Kecamatan Kota Sumenep sebesar 19,6%. Di Kecamatan Kalianget, sangat tinggi 23,8 %. Di Kecamatan Batuan, mencapai 15,8 %. Kecamatan Talango sebesar 13,6%.

“Tiga kecamatan yang bakal menjadi lumbung suara PDI-P. Sedangkan parpol lain raihan suaranya di setiap kecamatan tak merata,” kata Anwar menambahkan.

Anwar menjelaskan, elektabilitas PKB di setiap kecamatan tak ada yang dominan. Dia mencontohkan: Kecamatan Talango, elektabilitas PKB sebesar 14,2%. Kecamatan Kalianget sebesar 9,8%. Kecamatan Kota 15,2%. Kecamatan Batuan 14,2%.

“Elektabilitas PKB di 4 kecamatan kalau dijumlah mencapai 53,4%. Angka ini susah untuk meraih 2 kursi karena total raihan suara jika dibagi kursi kedua masih kalah dengan suara Parpol lainnya,” jelas Anwar.

Anwar menyebut PDI-P diuntungkan dengan elektabilitas Parpol yang diisi Caleg incumbent lemah. Dia mencontohkan: elektabilitas Gerindra di 4 Kecamatan sebesar 24 %. Elektabilitas PPP di 4 Kecamatan sebesar 13,4 %.

Berikut Prediksi Anwar: Parpol Peraih Kursi di Dapil Satu DPRD Sumenep:

1. PDI-P
2. PKB
3. Demokrat
4. PAN
5. PKS
6. NasDem
7. PDI-P

(bahri)

KPU Bangkalan