Pemkab Sumenep Genjot Vaksinasi Khusus Desa yang Bakal Gelar Pilkades

×

Pemkab Sumenep Genjot Vaksinasi Khusus Desa yang Bakal Gelar Pilkades

Sebarkan artikel ini
Vaksinasi Covid-19
Suatu waktu Bupati Achmad Fauzi mengecek pos skrining Covid-19 di perbatasan Pasongsongan, Sumenep. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep percepat vaksinasi. Hal itu guna menyikapi tren kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sumenep yang cenderung meningkat.

Sejak hari Senin (28/6/2021) lalu, percepatan vaksinasi yang dilakukan Pemkab Sumenep difokuskan di desa-desa yang bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021.

“Percepatan vaksinasi, khususnya di desa-desa yang akan menggelar Pilkades, kami lakukan agar masyarakat lebih terlindungi dari Covid-19 yang dalam beberapa waktu terakhir kasusnya meningkat,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Sebagaimana diketahui, tahun ini sebanyak 86 desa yang tersebar di 20 kecamatan di Sumenep bakal menggelar Pilkades Serentak. Pelaksanaannya dipastikan bakal menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Selain mempercepat vaksinasi, seluruh petugas, termasuk BKO dari luar, kita rapid tes swab antigen semua. Ini untuk mengantisipasi adanya klaster baru penyebaran Covid-19,” ujar suami Nia Kurnia.

Selain hal itu, Bupati Achmad Fauzi kembali mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, serta tidak takut untuk divaksin.

Insya Allah dengan kesadaran masyarakat untuk mematuhi prokes dan mau divaksin, kasus Covid-19 di Sumenep bisa kita tekan penyebarannya,” terang Bupati Fauzi yang Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep itu.

Penting diketahui, data terbaru dalam info perkembangan Covid-19 di Jawa Timur sebagaimana dilihat dalam Instagram Jatimprov (akun resmi Pemprov Jatim), per 1 Juli 2021 kasus aktif terkonfirmasi Covid-19 di Sumenep ialah 139 orang.

Bupati Fauzi berharap angka tersebut tidak naik lagi dengan upaya vaksinasi dan kepatuhan masyarakat Sumenep terhadap prokes 5 M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan