Catatan

Koran Akan Mati

×

Koran Akan Mati

Sebarkan artikel ini
Koran Republika
Edisi Terakhir Koran Republika (ilustrasi)

Sabili merupakan media konservatif dan politis yang lahir seiring era keterbukaan media di Indonesia. Islam yang direpresentasikan Sabili adalah skripturalis literalis, dan oleh sebagian keangan disebut sebagai fundamentalis.

Republika adalah representasi dari Islam yang lebih moderat dan modern. Persaingan dengan media sekuler dilakukan dengan membidik pasar muslim kelas menengah perkotaan yang cenderung lebih aman dengan praktik Islam yang moderat.

Harakah adalah surat kabar Parti Islam Se-Malaysia (PAS) yang menerapkan prinsip jurnalisme dengan ajaran Islam dan kebutuhan partai politik mereka. Para editor Harakah berupaya menjembatani kebutuhan partai dengan standar jurnalisme islami yang lebih tinggi, misalnya tentang verifikasi, yang sejalan dengan prinsip isnad. Namun terlepas dari komitmen terhadap kebebasan berekspresi, baik PAS maupun semua orang yang terkait dengan Harakah tetap berkomitmen terhadap gagasan negara Islam.

Malaysiakini lebih liberal ketimbang Harakah. Meski demikian para jurnalis Malaysiakini menempatkan Islam sebagai dasar untuk melaksanakan tugas profesional mereka. Ada perbedaan nyata di antara wartawan Indonesia dan Malaysia karena faktor-faktor seperti warisan aturan kolonial, perkembangan awal pers nasional, politisasi agama, otoritas keagamaan, dan peran negara.

KPU Bangkalan